Para ahli telah mengidentifikasi 10 karakteristik orang pintar, apakah anda memilikinya?

Menurut penelitian, kecerdasan seseorang tidak semata-mata ditentukan oleh skor IQ-nya. Namun, ada sejumlah elemen lain yang berkontribusi yang mungkin tidak disadari oleh individu yang bersangkutan.

Misalnya, menurut sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan dalam British Journal of Psychology, orang-orang cerdas menghabiskan lebih banyak waktu sendirian. Me-time adalah nama lain dari konsep ini.

Alhasil, Guruberbagi katulis telah menyusun daftar tanda-tanda yang sering diabaikan orang pintar dari situs Bustle. Berdasarkan penelitian profesional, berikut adalah 10 tanda bahwa Anda pintar. Apa masalahnya?

Para ahli telah mengidentifikasi sepuluh karakteristik orang pintar.

1. Tingkat empati yang tinggi

Menurut psikoterapis Christine Scott-Hudson, ada hubungan pasti antara kecerdasan emosional yang baik dan IQ tinggi. Kemampuan berempati merupakan salah satu aspek kecerdasan emosional.

Menurut Scott-Hudson, “semakin besar skor empati seseorang, semakin tinggi skor pemahaman verbal efektif orang tersebut.”

2. Rasa ingin tahu yang tinggi

Luasnya rasa ingin tahu seseorang dalam segala hal merupakan ciri orang cerdas selanjutnya. Individu yang cerdas, menurut Scott-Hudson, diukur bukan dari jumlah buku yang mereka baca, tetapi dari pertanyaan-pertanyaan yang muncul dalam pikiran mereka.

 

Dia berpendapat bahwa orang cerdas “mengaktifkan gairah mereka dan mengajukan pertanyaan seperti siapa, apa, kapan, di mana, bagaimana, mengapa, dan bagaimana jika.”

 

3. Jiwa Pengamat Tinggi

 

Sementara itu, Dr. Catherine Jackson, psikolog klinis dan ahli saraf, menemukan bahwa orang cerdas biasanya pendiam. Bahkan, dia menjadi salah satu pengamat yang lain.

“Pria yang paling pintar di ruangan biasanya tidak paling keras. Mereka biasanya pendiam dan penuh perhatian, daripada menyombongkan diri tentang pencapaian mereka atau memberi tahu orang-orang betapa benarnya mereka” Menurut Jackson.

Karena seseorang yang memiliki kemampuan untuk memahami segala sesuatu lebih siap untuk melihat hal-hal yang diabaikan orang lain.

4. Disiplin diri

Kontrol diri adalah indikator kecerdasan. Karena individu yang bersangkutan, menurut Jackson, lebih cenderung berpikir sebelum berperilaku.

“Anda mengerti bagaimana mengelola emosi dan dorongan Anda sendiri sehingga tidak membahayakan Anda,” jelasnya.

Orang-orang seperti itu juga memiliki kecenderungan untuk segera menyelesaikan tantangan dalam kehidupan sehari-hari mereka. Ini untuk meringankan penderitaannya.

5. Hal Kecil Mudah Diingat

Orang dengan ingatan yang baik memiliki bakat, serta ingatan dan fokus jangka pendek yang baik.

“Ada hubungan kuat antara ingatan yang baik dan kecerdasan,” tambah Jackson.

6. Kenali Batas Anda

Seseorang yang percaya bahwa dia tahu segalanya tidak cerdas. Sebaliknya, dia akan merasa seolah-olah dia masih belum mengerti banyak hal.

“Mereka sadar akan keterbatasan mereka dan mau mengakuinya. Hal ini memungkinkan mereka untuk lebih menerima informasi baru dari individu atau situasi lain” jelas Jackson.

7. Bisa beradaptasi

Individu cerdas tidak membuang waktu untuk mengkhawatirkan hal-hal yang tidak dapat mereka kendalikan. Jackson mengaku tahu bagaimana beradaptasi dan bergerak mengikuti arus.

Ini menunjukkan bahwa orang tersebut dapat dengan cepat memecahkan kesulitan dan menemukan solusi.

“Alih-alih menjadi kaku dengan cara mereka, mereka tetap fleksibel secara psikologis, berpikiran terbuka, dan mudah beradaptasi dengan lingkungan mereka. Terlepas dari apa yang terjadi,” katanya.

8. Keinginan yang kuat untuk belajar tentang sesuatu yang baru

Kualitas utama orang pintar, menurut psikolog klinis Dr. Holly Schiff, Psy, D, adalah rasa ingin tahu yang besar, minat, dan dorongan untuk belajar. Ketika dihadapkan dengan sesuatu yang menarik perhatian mereka, orang pintar akan mencurahkan waktu dan upaya untuk mempelajari lebih lanjut tentang hal itu.

Menurut Schiff, “keingintahuan intelektual mereka akan memungkinkan mereka untuk belajar dan membaca apa pun yang bisa mereka dapatkan.”

9. Ini Bukan Pembunuh Obrolan

Orang cerdas tidak hanya mampu mengajukan pertanyaan yang tepat, tetapi juga mampu melakukan dialog yang bermakna dengan orang lain. Andi Simon, Ph.D., seorang antropolog dan penulis, mengungkapkan sentimen ini.

Orang cerdas, katanya, dimotivasi oleh kebutuhan untuk lebih memahami fakta dan wawasan yang dimiliki orang lain.

“Kita lupa bahwa hidup pada dasarnya adalah dialog. Orang-orang cerdas menyadari bahwa bukan hanya mereka yang memiliki pengetahuan dan wawasan. Wawasan mereka akan diperluas dan pengetahuan mereka akan diperluas sebagai hasil dari obrolan bersama mereka” kata Simon.

10. Orang lain percaya pada Anda.

Jika orang lain mempercayai Anda dan bahkan mengikuti instruksi Anda seolah-olah Anda adalah seorang pemimpin, itu bisa menjadi indikasi bahwa Anda cerdas.

Simon mengutip sebuah studi Universitas Oxford dari tahun 2014 yang menyimpulkan bahwa kepercayaan orang lain adalah aspek penting dari budaya dan masyarakat. Ini tidak hanya terkait dengan tanda-tanda menjadi orang yang positif, tetapi juga sangat terkait dengan kecerdasan.

“Kepercayaan secara signifikan terkait dengan orang-orang cerdas dalam studi di berbagai negara, dan itu bertindak sebagai sumber daya sosial penting yang memengaruhi cara orang mengikuti orang lain,” tambah Simon.

Karena orang berpengetahuan yang tahu bagaimana memimpin kelompok secara efektif lebih mungkin untuk diikuti dan dipercaya oleh orang lain.

Itulah sepuluh karakteristik yang dimiliki kebanyakan orang cerdas. Bagaimana dengan beberapa detik? Apakah Anda mengenali diri Anda dalam ciri-ciri yang tercantum di atas?

Leave a Reply

Your email address will not be published.